Kisah Para Rasul 5:1-11
Ananias dan Safira
5:1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu
dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki
rasul-rasul.
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu
dikuasai Iblis,
sehingga engkau mendustai Roh Kudus
1 dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu?
Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu
2 dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.
"
5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya
3 .
Maka sangatlah ketakutan
semua orang yang mendengar hal itu.
5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu,
mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.
5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi.
5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian.
"
5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan?
Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."
5:10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya.
Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.
5:11 Maka sangat ketakutanlah
seluruh jemaat
4 dan semua orang yang mendengar hal itu.
Kisah Para Rasul 7:51-53
7:51 Hai orang-orang
yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati
dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus
5 , sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
7:52 Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya
oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh.
7:53 Kamu telah menerima hukum Taurat yang disampaikan oleh malaikat-malaikat,
akan tetapi kamu tidak menurutinya."
Kisah Para Rasul 8:14-40
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria
telah menerima firman Allah,
mereka mengutus Petrus dan Yohanes
ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka
6 ,
karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka,
lalu mereka menerima Roh Kudus
7 .
8:18 Ketika Simon melihat
8 , bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus."
8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
8:21 Tidak ada bagian atau hakmu
dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus
9 di hadapan Allah.
8:22 Jadi bertobatlah
dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
8:23 sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."
8:24 Jawab Simon: "Hendaklah kamu berdoa untuk aku
kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu."
8:25 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan,
kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung
di Samaria.
Sida-sida dari tanah Etiopia
8:26 Kemudian berkatalah seorang malaikat
Tuhan kepada Filipus,
katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.
8:27 Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia,
seorang sida-sida,
pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah.
8:28 Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabi Yesaya.
8:29 Lalu kata
Roh kepada Filipus: "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!"
8:30 Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?"
8:31 Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.
8:32 Nas yang dibacanya itu berbunyi seperti berikut: Seperti seekor domba Ia dibawa ke pembantaian; dan seperti anak domba yang kelu di depan orang yang menggunting bulunya, demikianlah Ia tidak membuka mulut-Nya.
8:33 Dalam kehinaan-Nya berlangsunglah hukuman-Nya; siapakah yang akan menceriterakan asal-usul-Nya? Sebab nyawa-Nya diambil dari bumi.
8:34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?"
8:35 Maka mulailah
Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu
ia memberitakan Injil
Yesus kepadanya.
8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?
"
8:37 (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")
8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus
dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota
sampai ia tiba di Kaisarea.
Kisah Para Rasul 15:22-35
Jawab kepada Antiokhia
15:22 Maka rasul-rasul dan penatua-penatua
beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia
bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas, yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas.
Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu.
15:23 Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: "Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia,
Siria
dan Kilikia
yang berasal dari bangsa-bangsa lain.
15:24 Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu dengan ajaran
mereka.
15:25 Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi,
15:26 yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya
karena nama Tuhan kita Yesus Kristus.
15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas,
yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.
15:28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus
10 dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
15:29 kamu harus menjauhkan diri
11 dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan.
Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."
15:30 Setelah berpamitan, Yudas dan Silas berangkat ke Antiokhia. Di situ mereka memanggil seluruh jemaat berkumpul, lalu menyerahkan surat itu kepada mereka.
15:31 Setelah membaca surat itu, jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan.
15:32 Yudas dan Silas,
yang adalah juga nabi,
lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.
15:33 Dan sesudah beberapa waktu keduanya tinggal di situ, saudara-saudara itu melepas mereka dalam damai
untuk kembali kepada mereka yang mengutusnya.
15:34 (Tetapi Silas memutuskan untuk tinggal di situ.)
Perselisihan antara Paulus dan Barnabas
15:35 Paulus dan Barnabas tinggal beberapa lama di Antiokhia. Mereka bersama-sama dengan banyak orang lain mengajar dan memberitakan
firman Tuhan.
Kisah Para Rasul 19:1-7
Paulus di Efesus
19:1 Ketika Apolos
masih di Korintus,
Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus.
Di situ didapatinya beberapa orang murid
12 .
19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus
13 ,
ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar
14 , bahwa ada Roh Kudus."
19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes
adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.
"
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis
15 dalam nama Tuhan Yesus.
19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka,
turunlah Roh Kudus ke atas mereka
16 ,
dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh
dan bernubuat.
19:7 Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.
1 Full Life: MENDUSTAI ROH KUDUS.
Nas : Kis 5:3
Supaya mendapat nama dan ketenaran, Ananias dan Safira berdusta
kepada gereja tentang pemberian mereka. Allah memandang dusta ini sebagai
pelanggaran berat terhadap Roh Kudus. Kematian mereka berdua dimaksudkan
sebagai tanda dari sikap Allah terhadap hati yang suka menipu di antara
mereka yang mengaku pernah lahir kembali dan dipenuhi dengan Roh.
Perhatikan bahwa berdusta pada Roh Kudus itu sama dengan berdusta kepada
Allah (ayat Kis 5:3,4;
lihat cat. --> Wahy 22:15; dan
[atau ref. Wahy 22:15]
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
2 Full Life: MENGAPA ENGKAU MERENCANAKAN PERBUATAN ITU.
Nas : Kis 5:4
Akar dosa Ananias dan Safira adalah cinta mereka akan uang dan
pujian orang lain. Hal ini menyebabkan mereka menentang Roh Kudus (ayat
Kis 5:9). Setelah cinta akan uang dan pujian manusia memenuhi
seseorang, rohnya terbuka terhadap segala macam kejahatan Iblis
(1Tim 6:10). Orang tidak dapat mencintai uang dan pada waktu yang sama
mencintai dan melayani Allah (Mat 6:24; Yoh 5:41-44).
3 Full Life: REBAHLAH ANANIAS DAN PUTUSLAH NYAWANYA.
Nas : Kis 5:5
Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat
Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan
dan ketidakjujuran dalam kerajaan Allah. Salah satu dosa yang paling buruk
ialah menipu umat Allah mengenai hubungan saudara dengan Yesus Kristus,
pekerjaan saudara bagi Dia dan luasnya pelayananmu. Bertindak secara
munafik ini berarti menggunakan darah Kristus yang sudah tercurah untuk
mempermuliakan diri di hadapan orang lain. Dosa ini mengabaikan maksudnya
Kristus menderita dan mati (Ef 1:4; Ibr 13:12), yang menunjukkan bahwa
kita tidak takut akan Allah (ayat Kis 5:5,11) dan tidak menghormati Roh
Kudus (ayat Kis 5:3); jelas sikap itu layak menerima hukuman Allah yang
adil (bd. Ul 6:1,2).
4 Full Life: SANGAT KETAKUTANLAH SELURUH JEMAAT.
Nas : Kis 5:11
Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat
rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patut terhadap
Allah yang suci dan murka-Nya terhadap dosa, umat Allah akan segera kembali
kepada cara-cara dunia yang jahat, tidak lagi mengalami pencurahan Roh dan
kehadiran Allah yang ajaib, serta terputus dari aliran kasih karunia Allah.
Takut akan Tuhan merupakan unsur yang perlu dalam iman dan kekristenan
alkitabiah masa kini
(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).
5 Full Life: SELALU MENENTANG ROH KUDUS.
Nas : Kis 7:51
Sejarah Israel merupakan kisah suatu bangsa yang berkali-kali
menolak untuk menaati Allah mereka dan Firman-Nya. Daripada takluk kepada
berbagai pengekangan dari hukum-Nya, hati mereka berpaling kepada cara
hidup bangsa-bangsa kafir di sekitar mereka. Mereka membunuh nabi-nabi yang
memanggil mereka kepada pertobatan dan yang bernubuat tentang kedatangan
Kristus (ayat Kis 7:52-53). Inilah yang dimaksudkan dengan menentang
Roh Kudus.
Demikian pula, orang Israel umat Kristus di bawah perjanjian baru harus
menyadari kecenderungannya untuk hidup seperti Israel umat Allah di zaman
perjanjian lama. Gereja-gereja Kristus bisa berbalik daripada-Nya dan
Firman-Nya serta menolak untuk mendengar suara Roh Kudus. Apabila hal itu
terjadi, mereka juga akan menerima hukuman dari Allah: kerajaan Allah akan
diambil dari mereka (lih. Rom 11:20-22; Wahy 2:1-3:22).
6 Full Life: BELUM TURUN DI ATAS SEORANGPUN DI ANTARA MEREKA.
Nas : Kis 8:16
Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka dengan
cara yang sama seperti Ia turun atas orang percaya pada hari Pentakosta
(Kis 2:4). Dia belum datang atas mereka sebagaimana dijanjikan Bapa
(Kis 1:4) dan seperti dinubuatkan Kristus "kamu akan dibaptis dengan
Roh Kudus" (Kis 1:5). Rupanya mereka belum menunjukkan tanda-tanda
rohani yang diharapkan, khususnya ucapan ilahi yang diilhami
(lihat cat. --> Kis 8:5-24;
lihat cat. --> Kis 8:18).
[atau ref. Kis 8:5-24; 8:18]
7 Full Life: MEREKA MENERIMA ROH KUDUS.
Nas : Kis 8:17
Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus
dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari
Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).
"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan
kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua
tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman
Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam
Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus
Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan
tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak
perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal
Kis 10:1-48).
8 Full Life: KETIKA SIMON MELIHAT.
Nas : Kis 8:18
Datangnya Roh Kudus atas orang Samaria disertai penyataan-penyataan
lahiriah yang dapat diamati oleh seorang tukang sihir bernama Simon. Masuk
akal untuk menyimpulkan bahwa penyataan yang dilihat adalah sama seperti
yang terjadi setelah Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, yaitu,
berkata-kata dengan bahasa roh (lih. Kis 2:4; 10:45-46; 19:6;
lihat cat. --> Kis 11:15;
lihat cat. --> Kis 19:6; dan
[atau ref. Kis 11:15; Kis 19:6]
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
Penyataan ini memberikan para rasul dan orang di Samaria tanda-tanda yang
mengesahkan bahwa Roh Kudus telah turun atas orang percaya baru ini.
9 Full Life: HATIMU TIDAK LURUS.
Nas : Kis 8:21
Baptisan dalam Roh Kudus di seluruh Kisah Para Rasul terjadi hanya
dalam keadaan kemuridan yang sungguh-sungguh kepada Yesus Kristus.
- 1) Simon yang mencari kuasa dan karunia dari Roh Kudus ini dan juga
kuasa untuk memberikannya (ayat Kis 8:19) ditolak Allah karena
hatinya tidak lurus di hadapan Allah; Simon masih jahat dan "terjerat
dalam kejahatan" (ayat Kis 8:22-23). Karunia Roh Kudus yang sejati
hanya akan dicurahkan atas mereka yang "takut akan Dia dan yang
mengamalkan yang benar" (Kis 10:35; bd. Kis 10:44-48; juga lih.
Kis 5:32).
- 2) Sebelum dan sesudah hari Pentakosta, para pengikut Kristus
mengabdikan diri kepada Tuhan yang sudah bangkit (Kis 1:2-14; 2:32)
dan bertekun dalam doa (Kis 1:14; 6:4). Mereka menjalankan kehidupan
yang terpisah dari dosa dan dunia (Kis 2:38-40) serta menaati ajaran
para rasul (Kis 2:42; 6:4). Pencurahan yang diulangi atau yang baru
oleh Roh Kudus diberikan hanya kepada orang percaya yang telah berbalik
dari dosa dan cara hidup yang jahat kepada kehidupan yang taat kepada
Kristus (bd. Kis 2:42; 3:1,19,22-26; 4:8,19-35; 5:29-32; 6:4;
Kis 8:14-21; Kis 9:1-19; 10:34-47; 19:1-6; 24:16). Hidup dalam Roh
dan dipimpin oleh Roh selalu menjadi syarat untuk dipenuhi dengan Roh
(lih. Gal 5:16-25; Ef 5:18).
- 3) Sesuatu pengalaman adikodrati yang dikira baptisan dalam Roh yang
terjadi pada seseorang yang masih melanjutkan cara hidup tabiat berdosa
bukanlah dari Kristus (bd. 1Yoh 4:1-6). Hal itu merupakan baptisan
yang "palsu" dan dapat disertai tanda-tanda dan kuasa-kuasa kegelapan
(Mat 7:21-23; 2Tes 2:7-10;
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
10 Full Life: ADALAH KEPUTUSAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 15:28
Sidang di Yerusalem dipimpin oleh Roh Kudus. Yesus berjanji bahwa
Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13).
Keputusan-keputusan gereja tidak boleh dibuat oleh manusia saja; mereka
harus mencari bimbingan Roh melalui doa, puasa, dan penyerahan kepada
Firman Allah hingga kehendak-Nya itu diketahui dengan jelas (bd.
Kis 13:2-4). Gereja yang dianggap gereja Kristus harus mendengarkan apa
yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat (Wahy 2:7).
11 Full Life: KAMU HARUS MENJAUHKAN DIRI.
Nas : Kis 15:29
Roh Kudus (ayat Kis 15:28) memberikan beberapa pembatasan bagi
orang bukan Yahudi yang akan memungkinkan mereka hidup dengan rukun bersama
dengan saudara seiman yang Yahudi. Orang bukan Yahudi diharapkan menjauhkan
diri dari hal-hal yang merupakan pelanggaran bagi orang Yahudi. Salah satu
patokan kedewasaan Kristen adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang
dianggap baik oleh beberapa orang Kristen dan yang dianggap salah oleh yang
lain (lih. pembahasan Paulus dalam 1Kor 8:1-11).
12 Full Life: EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid
Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk
orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya
murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan
dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini
adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias.
Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya
sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh
Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus
terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat
Kis 19:5-6).
13 Full Life: SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS?
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
- 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap
para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang
belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
- 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus
untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari
Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada
kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti
mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal
dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru
(Rom 8:9).
- 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah
percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun.
_pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa
menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama
(dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat
menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu
percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah
yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
- (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan
mereka (ayat Kis 19:1-2).
- (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang
dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat
Kis 19:4).
- (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh
dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus
(ayat Kis 19:5).
- (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air,
Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus
atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka
percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka
terdapat suatu selang waktu.
Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah
mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh
Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi
orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
14 Full Life: BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR.
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum
pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran
PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes
Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus
(Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas
orang-orang percaya (Kis 1:5,8).
15 Full Life: MEREKA MEMBERI DIRI MEREKA DIBAPTIS.
Nas : Kis 19:5
Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7)
membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihatkan
bahwa mereka mempunyai iman yang menyelamatkan dan telah dilahirkan kembali
oleh Roh Kudus. Hal ini mendahului kepenuhan mereka dengan Roh Kudus (ayat
Kis 19:6).
16 Full Life: TURUNLAH ROH KUDUS KE ATAS MEREKA.
Nas : Kis 19:6
Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun setelah peristiwa Pentakosta
(Kis 2:4), namun, pola penerimaan Roh Kudus dari 12 orang ini sangat
konsisten dengan pola biasa yang sudah disajikan Lukas
(lihat cat. --> Kis 8:5-24).
[atau ref. Kis 8:5-24]
- 1) Mereka percaya kepada Kristus dan dilahirkan kembali oleh Roh Kudus
(lihat cat. --> Kis 19:5 sebelumnya).
[atau ref. Kis 19:5]
- 2) Setelah mereka dibaptis dalam air (ayat Kis 19:5), Paulus
menumpangkan tangannya atas mereka dan mereka dibaptis dalam Roh Kudus.
- 3) Pada saat Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka mulai berkata-kata
dengan bahasa roh dan bernubuat. Lukas tidak pernah menyampaikan
pencurahan Roh Kudus sebagai sesuatu yang dapat diketahui dengan iman
saja. Sebaliknya, Lukas menunjukkan bahwa pengalaman ini dapat diketahui
dan dikenali serta dapat dibuktikan secara obyektif; berkata-kata dengan
bahasa roh adalah bukti luar yang kelihatan bahwa Roh Kudus telah turun
atas para pengikut Yesus ini
(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).